Soedjaji
(2000:11) mengemukakan bahwa ada beberapa pengertian matematika berdasarkan
sudut pandang pembuatnya, yaitu sebagai berikut:
1. Matematika
adalah cabang ilmu pengetahuan eksak dan terorganisir secara sitematik.
2. Matematika
adalah pengetahuan tentang bilangan dan kalkulasi.
3. Matematika
adalah pengetahuan tentang penalaran logik dan berhubungan dengan bilangan.
4. Matematika
adalah tentang strukrtur yang logik.
5. Matematika
adalah pengetahuan tentang aturan-aturan yang ketat.
Strategi
umum yang dipakai pada pengajaran matematika adalah sebagai berikut:
1. Strategi
Inkuiri
Strategi inkuiri berarti rangkaian
kegiatan-kegiatan yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk
mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, dan analitis sehingga
mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.
2. Strategi
Penyelesaian Masalah ( Problem Solving)
Proses penyelesaian masalah berlangsung
secara bertahap, mulai dari menerima stimulus dari lingkungan sampai pada
memberi respons yang tepat terhadapnya.
Penyelesaian masalah dapat dilakukan
dengan berbagai cara berikut:
a. Berdasarkan
pengalaman masa lampau
b. Secara
induktif (berdasarkan intuisi atau dengan firasat, bukan dengan akal)
c. Dengan
cara trial error (dengan metode coba-coba berdasarkan hipotesis yang dilakukan
secara acak)
d. Secara
otoritas (berdasarkan kewenangan seseorang)
e. Secara
metafisik (dilakukan dengan mistik atau ghaib)
f. Secara
ilmiah (secara rasional melalui deduksi atau induksi).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar